Saturday 4 May 2013

Pengalaman LIburan


 Assalamualaikum
 Hai Bloggers !!! 
          Selama liburan, saya dan keluarga berkunjung ke Kediri, kampung halaman saya. Di Kediri saya mengunjungi Goa Semolangreng yaitu Goa tempat Raja Kediri bertapa. Ya zaman dahulu, Kediri mempunyai kerajaan, namanya Kerajaan Kediri. Tidak jauh dari Goa itu, ada patung Dewi Kilisuci. Dewi Kilisuci ini juga salah satu penguasa Kerajaan Kediri pada zaman dahulu. Di tempat wisata itu, juga ada Museumnya, yaitu museum Airlangga. Di sana, terdapat banyak sekali benda-benda bersejarah Kota Kediri. Seperti Patung Dewa-Dewa, Miniatur perahu, dan Makara.
            Karena kampung saya terletak di perbatasan Kota Kediri, Nganjuk, dan Jombang, maka banyak sekali took oleh-oleh yang menghiasi sepanjang jalan perbatasan itu. Salah satunya adalah took kerupuk pasir. Ya, Kota Kediri juga terkenal dengan itu.
            Untuk makanan Khasnya, jangan salah dulu nihh!! Kota Kediri mempunya Nasi Pecel lohh! Nasi pecel adalah Nasi yang beralaskan daun pisang dan dibaluri dengan sambal kacang yang agak cair. Pelangkap sebagai lauknya biasanya peyek dan kulup, sebutan “kangkung” di Kediri. Namun, banyak juga yang sudah mulai berkembang, jadi pelengkapnya bisa sate, ayam, telur dan lain-lain sesuai selera.
            Oh iya, tidak hanya kota Kediri saja yang saya tahu. Kota Jombang pun saya tahu sedikit. Kerajinan tangan Kota Jombang biasanya gelang dan kalung roncean yang diberi nama. Kalung dan gelangnya pun warna-warni indah.
            Di kota Kediri juga mempunyai kendaraan yang tidak biasa loh. Yaitu ada becak motor. Namanya saja becak motor, jadi kita tahu dong bahwa becak itu dilengkapi dengan mesin motor sehingga lebih cepat daripada becak biasa, tukang becaknya pun tidak cepat lelah.
            Di Kota Kediri juga ada pabrik yang besar nihh. Jadi ada Pabrik Gudang Garam yang sangat besar. Gudang garam itu memproduksi rokok. dan setahu saya, Pabrik ini adalah pabrik terbesar kedua di Indonesia setelah Pabrik Djarum 
            Ketika saya jalan-jalan di Kota Kediri, saya juga menemukan barang antic. Yaitu barang seperti cangkir, sepeda mini, dan patung yang dibuat dari kayu yang halus. Ada juga yang berbentuk candi misalnya candi Prambanan dan Candi Borobudur.

Ok Dehh!!  Sekian dulu ya cerita dari saya.. semoga para pembaca puas membaca cerita saya.

Trims..

Assalamualaikum

Created by Annisaa Fitri Nurfirdausi

No comments:

Post a Comment