Saturday 4 May 2013

Tekun


1. Definisi tekun
Tekun itu berarti rajin & sungguh-sungguh, ulet dapat berarti tabah & kuat, kerja keras artinya gigih dalam berusaha, dan teliti artinya hati-hati serta cermat...
2. Pentingnya tekun
\وَقُلِ اعْمَلُواْ فَسَيَرَى اللّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ وَسَتُرَدُّونَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ Artinya: Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mu'min akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.
3. Manfaat tekun
a. Dapat mengahsilkan apa yang dikerjakannya
b. menghasilkan sesuatu yang maksimal
c. selalu berusaha agar usahannya berhasil
d. maminimalisirkan kesalahan
e. mendapat pahala
4. Ayat tantang tekun
Surat Yusuf ayat 12
Artinya:Dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah hanyalah orang kafir.
5. Contoh perilaku tekun 

a. Tekun dan Ulet dalam bekerja. 
Agama Islam mendorong kita untuk berusaha atau bekerja mencari rizki. Perintah agar manusia bertebaran di muka bumi untuk mencari karunia Allah, merupakan bukti motivasi ang diberikan Allah swt. Islam selanjutnya menyuruh kita untuk bersikap optimis, sebaliknya melarang untuk bersikap ragu-ragu dan pesimis.Untuk itu, dalam berusaha dan bekerja harus disertai sikap tekun dan ulet sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal.
b. Tekun dan ulet dalam belajar.
Setiap muslim diwajibkan untuk menuntut ilmu. Ilmu mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia, karena dengan ilmu seseorang atau suatu bangsa dapat menjaga, melestarikan, dan mengembangkan nilai-nilai luhur bangsa. 


No comments:

Post a Comment